Gerakan Satpol PP Menuju Indonesia Ramah Diresmikan

By Admin

nusakini.com--Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Eko Subowo mengungkapkan baru-baru ini, pihaknya telah meresmikan "Gerakan Satpol PP Menuju Indonesia Ramah". Gerakan ini berdasarkan Perpres No.12 tahun 2016 dan Instruksi Mendagri No. 331.1/8024/SJ tahun 2017.  

Menurut Eko di acara itu, ia sempat membacakan amanat tertulis Mendagri selaku Pembina Umum Satpol PP. Acara dihadiri Staf Ahli Mendagri (Sahmen) Bidang Ekonbang, Hamdani dan Sahmen Hukum dan Kesbang, Didik Supriyanto. Ikut hadir di acara 350 orang yang merupakan representasi Kasatpol PP Provinsi dan Kabupaten atau Kota seluruh Indonesia. 

Dalam acara itu juga diserahkan secara simbolik Instruksi Mendagri. Kegiatan lainnya adalah pengumuman pemenang lomba foto Satpol PP ramah, penyerahan Piagam Mendagri kepada 8 Kasatpol PP Provinsi, Kabupaten atau Kota inovatif 2017. "Serta dilakukan kegiatan sosial donor darah," ujar Eko.  

Selanjutnya kata Eko, acara disambung dengan presentasi dan diskusi dengan menghadirkan beberapa narasumber antara lain Rektor Undip. Rektor Undip dalam diskusi memaparkan tema "Satpol PP Ramah Menunjang Keberhasilan Otda". Narasumber lain adalah Dirjen HAM Kementeran Hukum dan HAM yang membawakan tema," "Penegakan Perda yang Mengedepankan Nilai-nilai HAM".(p/ab)